Lobby,Negosiasi & presentasi
Lobi,Negosasi & presentasi
presentasi
Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak hadirin atau salah satu bentuk komunikasi. Presentasi merupakan kegiatan pengajuan suatu topik, pendapat atau informasi kepada orang lain. Berbeda dengan pidato yang lebih sering dibawakan dalam acara resmi dan acara politik, presentasi lebih sering dibawakan dalam acara bisnis.
Tujuan dari presentasi bermacam-macam, misalnya untuk membujuk (biasanya dibawakan oleh wiraniaga), untuk memberi informasi (biasanya oleh seorang pakar), atau untuk meyakinkan (biasanya dibawakan oleh seseorang yang ingin membantah pendapat tertentu).
Agar bisa pandai berpresentasi, orang sering kali belajar pada para pakar presentasi. Juga, ada banyak pembicara terkenal yang sering kali diamati oleh orang-orang yang ingin pandai berbicara di hadapan umum
Konfigurasi dalam Negosiasi
Lobby/lobi → Negosiasi → Organisasi → Diplomasi (Deliberasi/Pertemuan)
Lobi adalah suatu upaya pendekatan yang dilakukan untuk mempengaruhi dengan tujuan kepentingan tertentu.. Pada tahap lobi, pelobi tidak memutuskan. Lobi dilakukan dengan cara baik ataupun kini dengan cara tidak baik
Negosiasi adalah sebuah proses yang terjadi antara dua pihak atau lebih, yang pada mulanya memiliki pemikiran yang berbeda hingga pada akhirnya mencapai kesepakatan bersama. Negosiasi bisa terjadi karena adanya konflik dan lobbying ada didalamnya untuk mengurangi konflik.
Organisasi dapat berupa Negara, Perusahaan, dan Humas.
Diplomasi, pada tahap ini dilakukan deliberasi (pertimbangan), pertemuan-pertemuan.
Fungsi Lobi:
– Lobi sebagai pembuka jalan bernegosiasi, kalau ada respon
– Mempengaruhi pengambilan keputusan
Fungsi Negosiasi:
– Mencapai kesepakatan bersama
– Mengubah pendapat orang lain
– Meyakinkan pihak lain
– Terkait 4 kuadran negosiasi
Fungsi Diplomasi:
– Menentukan strategi/kebijakan, taktik, dan siasat
– Mendamaikan beragamnya kepentingan
Hubungan antara Komunikasi dengan Teknik Lobi dan Negosiasi
– Segala sesuatu yang kita kerjakan adalah komunikasi.
– Cara kita memulai pesan sering menentukan hasil komunikasi
– Cara pesan disampaikan selalu berpengaruh terhadap cara pesan itu diterima
– Komunikasi yang sesungguhnya adalah pesan yang diterima, bukan pesan yang dimaksudkan.
– Komunikasi adalah jalan dua arah , kita harus memberi sekaligus menerima.
– Komunikasi bukanlah tindakan menyampaikan informasi melainkan representasi keyakinan bersama
Jadi, berdasarkan definisi diatas maka dalam praktiknya komunikasi sangat berguna dalam teknik negosiasi dan lobi.
Kuadran Negosiasi
Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak hadirin atau salah satu bentuk komunikasi. Presentasi merupakan kegiatan pengajuan suatu topik, pendapat atau informasi kepada orang lain. Berbeda dengan pidato yang lebih sering dibawakan dalam acara resmi dan acara politik, presentasi lebih sering dibawakan dalam acara bisnis.
Tujuan dari presentasi bermacam-macam, misalnya untuk membujuk (biasanya dibawakan oleh wiraniaga), untuk memberi informasi (biasanya oleh seorang pakar), atau untuk meyakinkan (biasanya dibawakan oleh seseorang yang ingin membantah pendapat tertentu).
Agar bisa pandai berpresentasi, orang sering kali belajar pada para pakar presentasi. Juga, ada banyak pembicara terkenal yang sering kali diamati oleh orang-orang yang ingin pandai berbicara di hadapan umum

Konfigurasi dalam Negosiasi
Lobby/lobi → Negosiasi → Organisasi → Diplomasi (Deliberasi/Pertemuan)
Lobi adalah suatu upaya pendekatan yang dilakukan untuk mempengaruhi dengan tujuan kepentingan tertentu.. Pada tahap lobi, pelobi tidak memutuskan. Lobi dilakukan dengan cara baik ataupun kini dengan cara tidak baik
Negosiasi adalah sebuah proses yang terjadi antara dua pihak atau lebih, yang pada mulanya memiliki pemikiran yang berbeda hingga pada akhirnya mencapai kesepakatan bersama. Negosiasi bisa terjadi karena adanya konflik dan lobbying ada didalamnya untuk mengurangi konflik.
Organisasi dapat berupa Negara, Perusahaan, dan Humas.
Diplomasi, pada tahap ini dilakukan deliberasi (pertimbangan), pertemuan-pertemuan.
Fungsi Lobi:
– Lobi sebagai pembuka jalan bernegosiasi, kalau ada respon
– Mempengaruhi pengambilan keputusan
Fungsi Negosiasi:
– Mencapai kesepakatan bersama
– Mengubah pendapat orang lain
– Meyakinkan pihak lain
– Terkait 4 kuadran negosiasi
Fungsi Diplomasi:
– Menentukan strategi/kebijakan, taktik, dan siasat
– Mendamaikan beragamnya kepentingan
Hubungan antara Komunikasi dengan Teknik Lobi dan Negosiasi
– Segala sesuatu yang kita kerjakan adalah komunikasi.
– Cara kita memulai pesan sering menentukan hasil komunikasi
– Cara pesan disampaikan selalu berpengaruh terhadap cara pesan itu diterima
– Komunikasi yang sesungguhnya adalah pesan yang diterima, bukan pesan yang dimaksudkan.
– Komunikasi adalah jalan dua arah , kita harus memberi sekaligus menerima.
– Komunikasi bukanlah tindakan menyampaikan informasi melainkan representasi keyakinan bersama
Jadi, berdasarkan definisi diatas maka dalam praktiknya komunikasi sangat berguna dalam teknik negosiasi dan lobi.
Kuadran Negosiasi
| Tipe | Pihak 1 | Pihak 2 | Hasil |
| Kolaborasi | Menang | Menang | Win Win |
| Dominasi | Menang | Kalah | Win Lose |
| Akomodasi | Kalah | Menang | Lose Win |
| Kompromi | Kalah | Kalah | Lose Lose |
Comments
Post a Comment