Marketing PR & MICE
Definisi Marketing PR
Marketing
public relations adalah proses merencanakan, melaksanakan dan
mengevaluasi program yang mendorong pembelian dan kepuasan pelanggan
melalui komunikasi informasi dan impresi yang kredibel. Seperti halnya
iklan, hubungan masyarakat (public relations) juga menjadi kiat
pemasaran penting. Perusahaan tidak hanya harus berhubungan secara
konstruktif dengan pelanggan, pemasok dan penyalur, namun juga harus
berhubungan dengan kumpulan kepentingan masyarakat besar. Banyak
perusahaan kini membentuk Divisi Marketing Public Relations untuk
mempromosikan dan menjaga citra perusahaan atau produknya. Dengan
mengikuti training ini, diharapkan para peserta dapat memahami strategi
dan teknik-teknik menjalankan Marketing Public Relations secara efektif
dan terintegrasi guna memperoleh hasil maksimal.
MICE ( MEETING INCENTIVE CONFERENCE EXHIBITION )
MICEM : MEETING
I : INCENTIVE
C : CONFERENCE
E : EXHIBITION
MEETING = Rapat, pertemuan sekelompok orang yang tergabung dalam suatu asosiasi, perusahaan yang memiliki kesamaan minat dengan tujuan dan kepentingan pembahasan suatu permasalahan bersama.
INCENTIVE : Perjalanan Insentif : merupakan suatu kegiatan perjalanan yang diselenggarakan oleh suatu perusahaan untuk para karyawan dan mitra usaha sebagai imbalan penghargaan atas prestasi mereka; Kaitannya dalam penyelenggaraan Konvensi yang membahas perkembangan kegiatan perusahaan yang bersangkutan dan atau Pameran.
CONFERENCE : Pertemuan sekelompok orang (negarawan, usahawan, cendekiawan, profesional, dsb) untuk membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan kepentingan bersama. Biasanya dalam jumlah peserta yang besar.
EXHIBITION Merupakan suatu bentuk kegiatan mempertunjukkan, memperagakan,memperkenalkan, mempromosikan dan menyebar luaskan informasi hasil produksi barang/jasa maupun informasi visual di suatu tempat tertentu dalam jangka waktu tertentu untuk disaksikan secara langsung oleh masyarakat untuk meningkatkan penjualan, memperluas pasar dan mencari hubungan dagang
MICE (Meetings, Incentives, Conventions and Exhibitions) sebagai bagian integral dari usaha jasa pariwisata meliputi usaha jasa Konvensi, Perjalanan Insentif dan Pameran dalam suatu rangkaian kegiatan pelayanan bagi pertemuan/berkumpulnya orang-orang atau sekelompok orang (negarawan, usahawan, cendekiawan, publik, dsb) pada suatu tempat yang terkondisikan oleh suatu permasalahan, pembahasan atau kepentingan bersama.
Contoh-contoh kegiatan MICE yaitu :
a. Seminar
b. Rapat Pimpinan
c. Pelatihan/training gatering
d. Paket tour
e. Gala dinner
f. Voucher akomodasi
g. Konferensi antar negara
h. Rapat perjanjian dari berbagai perusahaan Internasional
i. Pameran kerajinan Bali
j. Pameran lukisan
Comments
Post a Comment