Marketing PR & MICE

Definisi Marketing PR
Marketing public relations adalah proses merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi program yang mendorong pembelian dan kepuasan pelanggan melalui komunikasi informasi dan impresi yang kredibel. Seperti halnya iklan, hubungan masyarakat (public relations) juga menjadi kiat pemasaran penting. Perusahaan tidak hanya harus berhubungan secara konstruktif dengan pelanggan, pemasok dan penyalur, namun juga harus berhubungan dengan kumpulan kepentingan masyarakat besar. Banyak perusahaan kini membentuk Divisi Marketing Public Relations untuk mempromosikan dan menjaga citra perusahaan atau produknya. Dengan mengikuti training ini, diharapkan para peserta dapat memahami strategi dan teknik-teknik menjalankan Marketing Public Relations secara efektif dan terintegrasi guna memperoleh hasil maksimal.

MICE ( MEETING INCENTIVE CONFERENCE EXHIBITION )

                                                                   MICE
M : MEETING
                I   :  INCENTIVE
                           C  : CONFERENCE
                                             E :  EXHIBITION

MEETING  = Rapat, pertemuan sekelompok orang yang tergabung dalam suatu asosiasi, perusahaan yang memiliki kesamaan minat dengan tujuan dan kepentingan pembahasan suatu permasalahan bersama.


INCENTIVE : Perjalanan Insentif : merupakan suatu kegiatan perjalanan yang diselenggarakan oleh suatu perusahaan untuk para karyawan dan mitra usaha sebagai imbalan penghargaan atas prestasi mereka; Kaitannya dalam penyelenggaraan Konvensi yang membahas perkembangan kegiatan perusahaan yang bersangkutan dan atau Pameran.

CONFERENCE : Pertemuan sekelompok orang (negarawan, usahawan, cendekiawan, profesional, dsb) untuk membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan kepentingan bersama. Biasanya dalam jumlah peserta yang besar.


EXHIBITION Merupakan suatu bentuk kegiatan mempertunjukkan, memperagakan,memperkenalkan, mempromosikan dan menyebar luaskan informasi  hasil produksi barang/jasa maupun informasi visual di suatu tempat tertentu dalam jangka waktu tertentu untuk disaksikan secara langsung oleh masyarakat untuk  meningkatkan penjualan, memperluas pasar dan mencari hubungan dagang


MICE (Meetings, Incentives, Conventions and Exhibitions) sebagai bagian integral  dari usaha jasa pariwisata meliputi usaha jasa Konvensi, Perjalanan Insentif dan Pameran dalam suatu rangkaian kegiatan pelayanan bagi pertemuan/berkumpulnya orang-orang atau sekelompok orang (negarawan, usahawan, cendekiawan, publik, dsb) pada suatu tempat yang terkondisikan oleh suatu permasalahan, pembahasan atau kepentingan bersama.


Contoh-contoh kegiatan MICE yaitu :
a.       Seminar
b.      Rapat Pimpinan
c.       Pelatihan/training gatering
d.      Paket tour
e.       Gala dinner
f.       Voucher akomodasi
g.      Konferensi antar negara
h.      Rapat perjanjian dari berbagai perusahaan Internasional
i.        Pameran kerajinan Bali
j.        Pameran lukisan

Comments

Popular Posts