produksi media cetak & kit
1. Pengertian Media Public Relations
Media Relations adalah relasi yang dibangun dan dikembangkan dengan
media untuk menjangkau publik guna meningkatkan pencitraan, kepercayaan, dan
tercapainya tujuan-tujuan individu maupun organisasi/perusahaan. Fungsi media
relations adalah meningkatkan citra perusahaan, meningkatkan kepercayaan
publik, meningkatkan point of selling, membantu perusahaan keluar dari
komunikasi krisis, dan meningkatkan relasi dari beragam publik."
Philip
Lesly (1991:7) memberikan definisi Media Relations sebagai hubungan dengan
media komunikasi untuk melakukan publisitas atau merespon kepentingan media
terhadap kepentingan organisasi.
. 2.Jenis dan bentuk media PR
Media yang Digunakan Public Relations dalam Menyampaikan Pesan Kepada Publik
Bila membandingkan media PR dan media iklan, akan
muncul lima hal menarik:
1) Kampanye periklanan dan kampanye humas sama-sama bisa menggunakan
berbagai macam media.
2) Para praktisi PR berhubungan dengan para
editor, jurnalis, serta para produser TV dan radio, sedangkan para
praktisi periklanan lebih banyak berhubungan dengan para manager iklan dari
berbagai perusahaan, petugas iklan di media massa (radio, koran, televisi,
majalah, dan sebagainya).
3) Iklan sifatnya jauh lebih komersial
dibandingkan dengan PR.
4) Kampanye periklanan biasanya dilakukan
terbatas pada media-media yang bisa diharapkan akan membuahkan hasil maksimal
(misalnya lonjakan penjualan) dengan biaya serendah-rendahnya. Sedangkaan
kampanye PR
bersedia menggunakan media apa saja, asalkan bisa menjangkau sebanyak mungkin
khalayak.
5) Tidak seperti dunia periklanan, dunia PR dapat menggunakan
berbagai media khusus seperti jurnal-jurnal internal, buletin atau sekedar
majalah dinding.
Comments
Post a Comment